Berita Desa

Warga Conggeang Wajib Tau, Pemdes : Dana Desa Tahap 1 Terserap 95%

Kantor Desa, conggeangkulon.desa.id  – Sebagai konsekuensi dari diberlakukannya Undang-undang Desa, Pemerintah Desa kini dituntut untuk mempraktikkan keterbukaan informasi publik. Sebab Undang-undang tersebut mengatur desa sebagai komunitas yang berpemerintahan sendiri (self governing community) yang berpegang pada asas demokrasi, dimana warga desa juga diberikan hak untuk mendapatkan informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan.

Keterbukaan informasi ini dipraktikkan oleh Pemerintah Desa Conggeang Kulon agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan. Melalui mekanisme ini juga memberikan bukti kepada warga conggeang kulon tentang akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Salah satu bentuk pertanggungjawaban pemerintah desa adalah Kepala Desa menyampaikan laporan realisasi penyerapan anggaran dan capaian output Dana Desa setiap tahap kepada bupati, dan tentu warganya.

Laporan Realisasi Anggaran Desa ini menyajikan kegiatan keuangan pemerintahan desa yang menunjukkan ketaatan terhadap Anggaran Desa.  Selain itu, menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya ekonomi yang dikelola oleh pemerintah desa dalam satu periode pelaporan.

Naaaah,,,, Sobat Desa, Penasaran kan?….

Berapa Dana Desa Tahap 1  Tahun 2020 yang diterima Pemerintah Desa Conggeang Kulon?

Kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa?

Berikut kami sampaikan bahwa dari Pendapatan Dana Desa Conggeang Kulon tahap 1 Tahun Anggaran 2020 adalah senilai Rp. 295.440.400,- dengan jumlah total realisasi anggaran sampai bulan april (17/04/2020) saat ini sebesar Rp. 290.460.400 atau 95%.

Sobat Desa, realisasi tersebut dialokasikan pada Bidang Pembangunan Desa, antara lain penyelenggaraan pos kesehatan desa nilai Pagu Anggaran Rp. 3.300.000  dengan realisasi sebesar 12% atau Rp. 405.400, rehabilitasi peningkatan jalan cibodas (Hotmix) nilai Pagu Anggaran Rp. 213.685.000 dengan realisasi 100%, peningkatan sumber air bersih milik desa nilai Pagu Anggaran Rp. 65.870.000 dengan realisasi 100%, dan pembuatan pengelolaan jaringan instalasi komunikasi serta informasi nilai Pagu Anggaran 15.480.000 dengan realisasi sebesar 68% atau Rp. 10.500.000,-

Sumber : Pemerintah Desa Conggeang Kulon

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button