Berita Desa

Ulis Conggeang Kulon : Tindak Tegas Pelaku Pungli Bantuan UMKM

Cibodas, conggeangkulon.desa.id – Bentuk perhatian untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah Pandemi berupa dana sebesar 2,4 juta sudah bisa dicairkan di Bank milik BUMN yaitu BRI. Terkait hal tersebut Sekdes Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Aef Saepudin mengutarakan informasi yang patut masyarakat umum pahami dan di waspadai.

Ia menyampaikan, bantuan presiden (banpres) bagi para pelaku UMKM yang kini mulai bisa dicairkan secara bertahap sampai bulan Desember merupakan bantuan tunai yang bersifat hibah, bukan pinjaman.

Kemudian, dana bantuan tunai tersebut akan langsung masuk ke rekening penerima bantuan sesuai dengan nama yang tertera di saat pengurusan dan pengajuan.

Berdasarkan laporan dari masyarakat mengenai beredarnya isu pungli bagi penerima Bantuan UMKM di Desa Conggeang Kulon yang  akhir-akhir ini di datangi oleh salah satu orang mengatasnamakan Pendamping UMKM,  ia menekankan bahwa tidak ada sama sekali pungutan sepeserpun apalagi yang bersifat memberatkan pada penerima bantuan. “Tidak ada uang administrasi, uang rokok atau uang apa pun yang harus dikeluarkan oleh penerima bantuan, silahkan datang saja ke BRI”.

Ia juga menyampaikan dan berharap agar bank BRI setempat memberikan akses informasi penerima bantuan UMKM kepada kami selaku Pemerintah Desa setempat.

“Jangan sampai ada keluhan dibawah, kita tidak mengetahui siapa saja penerima bantuan UMKM ini, dan malah di manfaatkan oleh oknum tertentu, karena bagaimanapun desa adalah ujung tombak pelayanan masyarakat” katanya.

Masih kata Ulis Ae sapaan akrabnya, jika ada seseorang atau ada pihak-pihak yang meminta dengan paksa atau menentukan nilai tertentu kepada penerima bantuan tunai tersebut dengan modus apapun, itu harus ditindak tegas.

Ia juga mengapresiasi dan mendukung serta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengulurkan bantuan untuk meningkatkan kembali ekonomi kerakyatan melalui sektor UMKM.

“Saya mewakili Kepala Desa Conggeang Kulon mengapresiasi program ini karena akan menggeliat lagi ekonomi kerakyatan, tak lupa juga terima kasih kepada kementrian koperasi serta dinas koperasi dan UMKM Sumedang,” pungkasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button