Berita Desa

Sumedang Level 3, Pilkades Serentak Kembali Ditunda? Ini Penjelasan DPMD

conggeangkulon.desa.id – Meski Pemerintah Pusat melalui intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) , menetapkan Kabupaten Sumedang masih berada pada kriteria Level 3.

Namun, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sertakan yang akan dilaksanakan di 89 Desa di Kabupaten Sumedang, dipastikan akan tetap dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Dadang Rustandi saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (5/10/2021).

“Jadi walaupun Sumedang dilevel 3, pelaksanaan Pilkades Serentak di 89 tetap akan dilaksanakan pada 27 Oktober nanti,” kata Dadang.

Adapun pada pelaksanaan pemilihan Pilkades Serentak nanti, kata Dadang, akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat.

Selain itu, pada tahapan kampanye calon kepala Desa juga, para calon tidak diperbolehkan melakukan kampanye secara tatap muka ataupun melakukan arak-arakan. Dan hanya diperbolehkan kampanye melalui media sosial, cetak dan elektronik.

“Untuk kampanye calon hanya diperbolehkan melakukan kampanye melalui media sosial, cetak dan elektronik. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang berdampak timbulnya klaster Pilkades Serentak,” ujar Dadang.

Lebih lanjut Dadang menuturkan, pada tanggal 9 hingga 11 Oktober 2021 nanti, Panitia Pilkades tingkat desa melakukan pencatatan dan pengumuman Daftar Pemilih Tambahan (DPT) yang dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon kepala desa.

“Pencatatan dan pengumuman DPT sangat penting dilakukan karena, untuk menjaring para pemilih muda yang bulan ini memasuki usia 17 tahun,” tutur Dadang.

Kendati demikian, sambung Dadang, sesuai intruksi Kemendagri bahwa 14 hari sebelum hari H pelaksanaan Pilkades Serentak. Pemerintah Daerah wajib melayangkan surat kepada Kemendagri mengenai kesiapannya melaksanakan Pilkades

“Mungkin pada tanggal 11 atau 13 Oktober, Pa Bupati melalui DPMD Kab. Sumedang akan melayangkan surat kesiapan Pilkades serentak di Kabupaten Sumedang dengan menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak di Sumedang sendiri, tambah Dadang, sejauh ini semua persiapan sudah dilaksanakan dengan matang, baik dari kesiapan dari panitia, bagitupun dari segi anggaran untuk Pilkades Serentak.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkades Serentak nanti dapat berjalan sukses tanpa ekses. Dan semua panitia dan para calon kades dapat menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat. Sehingga tidak terjadi klaster Pilkades Serentak,” kata Dadang menegaskan.

sumber : https://inisumedang.com/sumedang-level-3-pilkades-serentak-kembali-ditunda-ini-penjelasan-dpmd/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button