Berita Desa

Sampah Lebak Bungur Pasirandu Menumpuk, BPD Conggeang Kulon : Harus Ada Sanksi Tegas

conggeangkulon.desa.id –  BPD Conggeang Kulon mendorong adanya sanksi tegas untuk mengurai permasalahan sampah berlokasi di Lebak Bungur – Pasirandu, Conggeang Kulon yang sudah akut. Itu dilakukan, agar warga setempat bisa lebih peduli dalam menjaga kondisi di lingkungan sekitarnya.

“Ya, perlu ada sanksi yang tegas dari pemerintah,” kata Ketua BPD Conggeang Kulon saat dihubungi conggeangkulon.desa.id, Minggu (14/2/2021).

Ketua BPD ini beralasan, penerapan sanksi itu bisa menjadi opsi supaya masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan. Disamping, pemerintah desa juga berinisiatif untuk menjalankan pola jemput sampah kepada setiap keluarga untuk membiasakan masyarakat ke arah yang positif.

“Karena ketika terjadi penyumbatan misalnya, bahkan sampai menyebabkan banjir, kan yang dirugikan bukan orang jauh dulu. Tapi, masyarakat setempat yang akan terkena dampak besarnya terutama yang memiliki persawahan,” ujar Asep.

“Makanya, kegiatan opsih yang dilakukan bersama-sama warga ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Fungsi pemerintahnya dijalankan, dan masyarakat juga bisa tertib menjaga kondisi lingkungannya,” tambahnya.

Sebelumnya, puluhan Kwintal sampah terlihat menumpuk di Lebak Bungur – Pasirandu. Selain menutupi bibir sungai, sampah juga telah mencemari areal persawahan karena dibiarkan begitu saja sejak beberapa tahun silam.

Pantauan conggeangkulon.desa.id, tumpukan sampah berbagai jenis mulai dari plastik, styrofoam, sampah domestik, bahkan pakaian hingga bantal, ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga sekitar. (AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button