Berita Desa

Penyaluran BLT APBD Tahap II di Sumedang, Ditargetkan Minggu Depan

Kota Sumedang, conggeangkulon.desa.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap II bagi warga terdampak Covid-19, yang bersumber dari APBD senilai Rp.500 ribu per penerima segera direalisasikan minggu depan.

“Kalau datanya sudah selesai dari Dinas Sosial, minggu depan untuk BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten Sumedang segera disalurkan,” kata Ketua Divisi Administasi dan Keuangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Nasam, SE.,Ak. saat dikonfirmasi  di ruang kerjanya, Jumat (19/6).

Sebenarnya, sambung Nasam, dalam penyaluran BLT dari APBD ini, tidak akan lama jika data penerimanya sudah siap.

“Jadi, jika datanya sudah pasti, kita akan serahkan ke Desa untuk mempersiapkan. Dan biasanya setelah semua datanya pasti, hanya butuh waktu satu atau dua hari Desa untuk mempersiapkan dan nanti dari Bank Sumedang akan terjun langsung membagikan ke desa – desa,” ujarnya.

Nasam menuturkan, pada penyaluran BLT tahap pertama lalu, dengan jumlah 15 ribu penerima, tercatat hanya tersalurkan 98,33 persen saja. Sisanya 1 persen lebih tidak tersalurkan dengan berbagai catatan, yaitu ada yang double.

Selain itu juga ada yang sudah meninggal dan adayang tidak mau menerima bantuan, serta ada warga terdampak namun tidak bisa pulang karena pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Kemudian pada penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap dua nanti, akan diverifikasi lagi. Dan bagi yang double dan yang sudah meninggal otomatis itu dicoret dari daftar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD.

“Sehingga, untuk penyaluran BLT tahap dua nanti, jumlahnya tidak lagi diangka 15 ribu penerima. Namun dikurangi sesuai dengan hasil verifikasi. Untuk jumlahnya saya tidak bisa memastikan karena datanya ada di Dinas Sosial,” tandasnya.

Sumber : https://www.korsum.id/penyaluran-blt-apbd-tahap-ii-di-sumedang/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button