Berita Desa

Kades Conggeang Kulon Terpilih, Segera Susun RPJMDes

conggeangkulon.desa.id – Seperti yang disampaikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dikutip dari inimahsumedang.com, saat pelantikan Kepala Desa di Gedung Negara (5/10/2021), kepala desa yang baru harus segera menetapkan kebijakan program untuk kemajuan desa, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, mulai dari menuntaskan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, menuntaskan stunting, serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Menyikapinya hal ini, Kepala Desa Conggeang Kulon terpilih Asep Kusdinar mengatakan, program kerja memang sudah di susun dari tahun pertama sampai tahun ke-6.

“Pastinya akan kita segera susun pada RPJMDes, karena itu merupakan tolak ukur atau langkah awal kerja, ” ujar Kang Ape, sapaan akrab Asep Kusdinar, di Ruang Kerjanya, Selasa (09/10/2021).

Menurutnya ada beberapa aspek dalam RPJMDes tersebut. kang Ape menyebutkan, pertama asal usul kewenangan desa tersebut. “Artinya desa harus memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan warga Conggeang Kulon atau hak otonominya. Jadi program Desa Conggeang Kulon belum tentu sama dengan desa lainnya,” urainya.

Kata kuncinya, tambah Kang Ape mungkin nanti programnya disesuaikan dengan kebutuhan warga desa Conggeang Kulon, apa yang bisa dibiayai APBDes. “Terus nanti kita akan sinergikan dengan program-programi pemerintah di atas pemerintah desa,” imbuhnya.

Asep Kusdinar mencontohkan,  Pemerintah Kabupaten Sumedang yang sedang menjadi fokus utama Pak Bupati yaitu program penanggulangan dan pencegahan stunting. ” Misalkan, Pa Bupati sudah memprogram kan di Dinas Kesehatan dengan locus Kecamatan Conggeang pada salah satu desa pilot project, mungkin nanti akan menjadi pembahasan lebih lanjut agar terjadi penyelarasan kebijakan,” terangnya. (AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button