Berita Desa

Gelar Musrenbang, Desa Conggeang Kulon Selaraskan Usulan RKPDes 2021

conggeangkulon.desa.id – Pemerintahan Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang menggelar Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) untuk Tahun Anggaran 2021.

Musrenbangdes yang berlangsung di Gedung Olahraga Conggeang Kulon tersebut dihadiri oleh unsur lapisan masyarakat diantaranya Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, LPM, BPD, PKK serta Narasumber yaitu Sekcam Conggeang  Suparlan S.Pd, Pendamping Desa, dan Forum Delegasi Musrenbang, Senin (28/9/2020) pagi hari.

Musrenbangdes adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional, dan rencana pembangunan desa kedepannya.  Pemangku kepentingan adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan desa.

“Setelah RKPDes disusun dan disepakati bersama dalam musyawarah desa, kemudian kepala desa menetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Desa. RKP Desa yang sudah ditetapkan menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).” Terang Lili Sutrisna

Dalam Musrenbang Desa tahun 2021 Kades Conggeang Kulon Lili Sutrisna mempertajam usulan program, dan kegiatan prioritas tahun 2021 yang ditampung melalui aspirasi masyarakat, dan dilakukan kelompok kecil  untuk berdiskusi dan melakukan pendalaman usulan kegiatan di setiap dusun.

“Melalui diskusi kelompok kecil setiap dusun ini diharapkan masyarakat bisa menanggapi dan mendalami usulan tersebut agar dapat diselaraskan dengan prioritas penggunaan dana desa di tahun 2021. Kemudian masyarakat mengetahui jenis-jenis program prioritas sehingga usulan tersebut adalah kebutuhan bukan keinginan untuk membangun desa dan dikelola secara benar”. Tutur Lili

Baik kategori belanja langsung maupun belanja tidak langsung, pembangunan infrastruktur, dan lain sebagainya.

”Kita berharap pada Musrenbangdes ini dapat menciptakan pembangunan desa yang tepat sasaran dan tepat guna. ini demi terwujudnya masyarakat desa yang Adil dan Makmur,” Ucapnya selaku Kepala Desa yang kurang lebih 10 bulan lagi menjabat.

Sementara Camat Conggeang yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Suparlan S.Pd berpesan agar dalam Musrenbangdes kali ini menetapkan hasil dan keputusan RKPDes 2021 yang baik, dan bermanfaat bagi masyarakat desa.

“Musyawarah tersebut dinilai sangat penting dalam menentukan langkah untuk melakukan rencana pembangunan sesuai permintaan para masyarakat di masa yang akan datang dan Pemdes juga menentukan pembangunan dengan skala prioritas”. Tandasnya.

Selanjutnya, Asep Mama Pendamping Desa Conggeang menuturkan bahwa Dana Desa pada 2021 akan diprioritaskan untuk Pembangunan Nasional Berkelanjutan di desa atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Adapun terdapat tiga fokus anggaran dana desa tahun depan, pertama pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, yang terdiri dari pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes/BUMDesma, penyediaan listrik desa, dan ketiga pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes/ BUMDesma.

Kedua, program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan Desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif.

Kemudian terakhir ialah prioritas dana desa tahun 2021,adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19. Penetapan tersebut didasarkan pada peraturan presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs. (AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button