Berita Desa

Dirjen Kemensos RI, Pantau Langsung Penyaluran BST di Sumedang

Kota Sumedang, conggeangkulon.desa.id – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Edi Suharto meninjau langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Kementerian Sosial bagi warga terdampak pandemi Covid-19, di Kantor Pos Kabupaten Sumedang, Jumat (29/5/).

“Alhamdulillah, penyaluran BST di Kabupaten Sumedang berjalan lancar. Dan saat penyalurannya pun memperhatikan protokol kesehatan dan juga menerapkan sosial distancing,” kata Edi pada sejumlah wartawan, disela peninjauan di Kantor Pos Sumedang.

Adapun jumlah alokasi BST untuk Sumedang, sambung Edi, yaitu sebanyak 50.873 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Dimana data penerima awalnya 29.390 KPM. Namun ada penambahan batch 35 untuk 1.827 KPM, lalu ditambah lagi batch 37 untuk 19.656 KPM.

Sehingga total alokasi BST untuk Kabupaten Sumedang menjadi 50.873 KPM. Adapun realisasi bayar sampai dengan hari ini sudah 34.444 KPM, atau mencapai 67.71 persen.

“Hari ini penyalurannya tinggal beberapa persen lagi. Dan kita targetkan secepatnya penyaluran BST segera rampung. Saya juga mengucapkan terima kasih pada Pemkab Sumedang, yang sudah memberikan data yang akurat. Sehingga bisa ditindaklanjuti oleh Kementerian Sosial,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Kemensos. Dimana seyogyanya Pemkab Sumedang hanya menerima BST sekitar 31.000 DTKS. Namun Kemensos memberikan kuota Non DTKS 19.656, sehingga Kabupaten Sumedang totalnya mendapatkan 50.873 KPM. Dan hari ini sedang diakselerasi mudah -mudahan secepatnya bisa tersalurkan.

“Kami juga ingin memastikan tidak ada satupun masyarakat yang terlewat mendapatkan bantuan. Dan tentunya bagi masyarakat yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan tersebut,” ucapnya.

Herman juga menegaskan, ada 9 pintu terkait bantuan sosial bagi warga terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Yaitu dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Sumedang.

“Bahkan untuk saat ini sedang bergulir bantuan yang bersumber dari Dana Desa,” tandasnya.

Sumber : https://www.korsum.id/dirjen-kemensos-ri-pantau-langsung-penyaluran-bst-di-sumedang/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button