Berita Desa

Desa Conggeang Kulon Perbarui Data Dasar Keluarga

Pemerintah Desa Conggeang Kulon memfasilitasi pembaharuan profil desa melalui kegiatan Pemutahiran Data Dasar Keluarga (DDK). Kegiatan ini berlangsung sejak 10 Desember 2020 hingga 30 Desember 2020.

Saat ini, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa telah meluncurkan sistem informasi berbasis online yakni profil desa dan kelurahan (prodeskel). Ini bertujuan agar menjadi pusat data desa/kelurahan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Kepala DPMD Kabupaten Sumedang melalui Pokja Prodeskel Berry (09/12/20) mengatakan, pengguna prodeskel akan diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional, sehingga sistem ini bisa berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat, serta terkini mengenai desa/kelurahan.

”Kita berharap penggunaan prodeskel bisa menjadi media komunikasi antara pusat dan daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan desa, serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa/kelurahan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, prodeskel ini harus diperbarui setiap tahun, baik itu data dasar keluarga, potensi dan tingkat perkembangan desa/kelurahan. Hasilnya pun setiap tahun digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan desa/kelurahan setiap lima tahun, dalam klasifikasi desa/kelurahan swasembada, swakarya, dan swadaya sebagai dasar pembentukan stok desa.

”Hal inilah yang menjadi dasar kami dari tim kabupaten untuk memfasilitasi updating profil desa/kelurahan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Conggeang Kulon melalui Sekretaris Desa Aef Saepudin menuturkan, selama pelaksaaan kegiatan pendataan ini para pendata diberikan pelatihan terlebih dahulu secara teknis.

“Jadi saya mohon kepada warga conggeang kulon, nanti jika ada orang yang datang kerumah warga jangan menganggap akan diberikan bantuan karena di data, ini untuk menunjang kebutuhan kita semua, terbuka saja” (AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button